Tuesday

Lily dalam Diego Rivera


Diego Rivera (1886-1957), pelukis asal Meksiko ini terkenal dengan lukisan dindingnya. Ia salah seorang yang mempunyai kontribusi yang sangat besar terhadap seni tradisi rakyat Meksiko dan pemerintahan komunis Meksiko dalam karya-karyanya.

            Rivera lahir pada 8 Desember 1886 di Guanajuato Meksiko. Ayahnya seorang yang dikenal liberal dan anti terhadap kalangan pendeta. Rivera sejak awal terlihat mempunyai bakat pada dunia menggambar yang kemudian mengantarkannya pada akademi melukis di San Carlos. Selain dalam dunia lukisan, rivera juga tertarik pada masalah militer terutama saat itu pada konflik Tsar Rusia dan kalangan ortodoks gereja vs Revolusioneris Marxis. Setelah melakukan perjalanan ke Eropa dan melakukan pameran bersama patner barunya, pelukis wanita asal Rusia, Angelina Belhoff, Rivera terpanggil pulang oleh seruan Emiliana Zapata, pahlawan revolusioner Meksiko setelah pecah Perang Dunia I.
            Dalam karya-karya lukisan dindingnya tahun 1922, ia selalu menggambarkan kesatuan revolusioner pekerja teknik, pelukis dan pemahat. Rivera tertarik pada gerakan pekerja, dan pada salah satu lukisannya, ia menggambarkan Frida Kahlo, istri ke-3nya yang sedang membagikan senjata pada  buruh-buruh yang hendak mengikuti revolusi. Frida Kahlo merupakan pengagum Diego rivera dan keduanya berbagi gelora revolusioner.Kutipan berikut dari Rivera: “reproduce the pure basic image of my land. I wanted my painting to reflect social life of Mexico as I saw it, and through my vision of the truth to show the masses the outline of the future” (lihat: Carter B. Horsley, Art Museum).

       
(Diego Rivera 1943: minyak dalam kanvas 115x153 cm).
     Salah satu lanskap Meksiko yang ditangkap Rivera dalam lukisannya adalah bunga Calla Lily. Salah satu lukisan Rivera yang dikoleksi oleh Jacques Gellman berikut menggunakan model Ny. Natasha Gellman dalam gaun putih dan buket besar Calla Lily.
Calla Lily, bunga yang tumbuh subur di Meksiko yang dirayakan dalam karya-karya Rivera. Calla Lily adalah lukisan yang menunjukkan peerubahan besar dalam style artistic Rivera. Gambar yang dibuat tahun 1938 ini, memunculkan kembali imagi Calla Lily yang akan jadi terbiasa pada lukisan kanvas berikutnya. Calla Lily salah satu lukisan yang berbicara lanskap Meksiko dengan kesan abstrak dalam warna yang datar.


No comments:

Post a Comment