Sunday

Lily

Saya pertama kali jatuh cinta pada bunga Lily ketika seorang teman mendapat buqet bunga Lily yang berwarna-warni dari Lily putih, orange sampai merah jambu muda. Karena kemurahan hati teman saya, setiap ia mendapat kiriman, saya boleh mengambilnya satu atau dua tangkai.
    Bunga Lily berdaun lebar memanjang. Ia merupakan tanaman umbi-umbian yang bisanya dijadikan tanaman hias bunga potong. Bunga Lily tidak hanya berwarna putih. (Famili Liliaceae) merupakan tanaman yang menghasilkan bunga berbentuk terompet dan mangkuk dengan aneka warna dan aroma yang beragam. Tanaman Lily yang beraneka warna dari yang cerah hingga warna lembut, biasanya merupakan jenis Lily Asiatik. Seiring dengan perkembangan teknologi genetika salah satunya berupa perkawinan silang (hibrida), saat ini telah dihasilkan hibrida-hibrida lily terpilih, di antaranya K-01 (Delina Kuning I), K-02 (Delina kuning II), K-04 (Deloren Pelangi), Klon L-01 (Arumatik Putih), Klon LC-1 8 (Longicandy-8), Klon CL-08 (candilongi-08), Klon F-02 (Formolongi-02).
    Salah satu jenis Lily yang dapat menyerap polutan adalah Lily putih (Spathyphyllum ). Ia dapat menyerap gas beracun seperti benzene yang berasal dari asap rokok dan bahan plastic. Atau ormaldehyde pada cairan pembersih. Dan trichloroethylene yang biasa terkandung pada tinta dan cat. Satu tanaman Lily dapat menyerap daun pada ukuran ruang 9 meter persegi.

 

1 comment:

  1. Ternyata bunga lily selain cantik juga memiliki manfaat yang berguna untuk kita semua yach.
    Terima kasih telah berbagi informasi yang berguna yaa..

    ReplyDelete